...Welcome !!

Disini saya ingin berbagi tips praktis memasak bekal di pagi hari disertai dengan ide menu bekal yang praktis, cepat dan mudah-mudah saja. Ada juga ide masakan yang tahan lama untuk disimpan, untuk persediaan kalau-kalau nggak sempat masak..

Selamat memasak!

July 27, 2009

Jenis Bahan untuk Stok di Kulkas

1. Bumbu dasar

a. Bumbu dasar merah, terdiri dari cabe rawit merah atau cabe merah keriting, bawang merah dan bawang putih. Tapi karena suami saya lebih senang masakan balado yang puedeeeessss tanpa bawang putih, saya buat stok bumbu merah pake cabe rawit dan bawang merah saja. Kalo nanti butuh bawang putih tinggal ngeprek aja. Jangan lupa tambahkan garam dan gula dengan takaran yang sama.

b. Bumbu dasar kuning, terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar sedikit, kunyit, sedikit lada. Tambahkan garam sekitar 1/2 sendok lebih banyak dari gula.

2. Saya biasa mengupas bawang merah dan bawang putih dalam jumlah banyak, kemudian dicuci dan disimpan di kulkas dalam plastik atau wadah. Ini memudahkan saya jika akan memasak, nggak perlu ngupas-ngupas, udah tinggal ambil terus langsung dirajang aja. Oiya, jika tidak ingin kulkas berbau bawang, pilih wadah tertutup untuk menyimpannya. Jangan terlalu lama menyimpan bawang-bawang ini dalam kulkas, kupas sesuai kebutuhan saja.

3. Ayam ungkep, diungkep pake bumbu kuning. Atau kalo mau lebih praktis, pake bumbu ayam goreng beli di tukang sayur atau di pasar.

4. Ayam yang sudah digoreng hanya menggunakan bumbu bawang putih dan garam kemudian disuwir-suwir. Ayam goreng suwir ini dapat dimasak ayam suwir balado, orek telur ayam suwir, ayam sayur bumbu kecap atau sebagai campuran nasi/mie goreng.

5. Jika ingin menyimpan daging agak lama, pastikan daging tersebut sudah direbus atau matang. Tidak perlu disimpan di freezer.

6. Tahu dan tempe, bisa direbus menggunakan bumbu kuning atau bumbu ungkepan ayam. Tapi walaupun sudah diungkep, tahu tempe ini tetap tidak terlalu tahan lama disimpan di kulkas (paling lama 3 hari).

7. Perkedel, yang sudah setengah jadi alias tinggal digoreng, bisa disimpan lama di freezer. Cara menyimpannya adalah menggunakan wadah tertutup yang telah dialasi plastik lembaran. Letakkan perkedel di atas alas plastik tersebut, kemudian di atas perkedel tersebut tutupi lagi dengan plastik lembaran. Lalu untuk tumpukan kedua letakkan perkedel di atas plastik penutup lapisan pertama tadi, lalu tutupi lagi dengan plastik. Demikian seterusnya jika ingin membuat stok perkedel dalam jumlah banyak. Untuk tumpukan paling atas, tutupi lagi dengan plastik sebelum ditutup dengan tutup wadahnya. Menurut ibu saya, perkedel ini bisa tahan sampai 3 bulan. Tapi untuk amannya, saya sarankan untuk membuat stok yang akan habis dalam waktu 1 bulan saja. Perkedel ini bisa digunakan sebagai lauk pendamping berbagai macam sup dan soto.

8. Terakhir, stok wajib bagi yang sibuk, yaitu nugget dan kawan-kawan. Selain nugget, saat ini di supermarket sudah banyak produk ayam dan daging olahan bentuk lain yang bisa disimpan agak lama di freezer, seperti daging rolade dan kornet potongan siap goreng.

Biasakan untuk selalu mengontrol sisa stok yang ada di kulkas. Jangan sampai ada bahan makanan yang tersimpan terlalu lama dan selalu bersihkan wadah tempat menyimpan bahan makanan sebelum kembali diisi bahan makanan baru.

No comments:

Post a Comment

Anda pengunjung ke :