...Welcome !!

Disini saya ingin berbagi tips praktis memasak bekal di pagi hari disertai dengan ide menu bekal yang praktis, cepat dan mudah-mudah saja. Ada juga ide masakan yang tahan lama untuk disimpan, untuk persediaan kalau-kalau nggak sempat masak..

Selamat memasak!

July 27, 2009

Tips Praktis

Tips-tips berikut ini cuma sharing hal-hal yang biasa saya lakukan di dapur. Jika ada tambahan masukan, monggo... :)

1. Pergunakan waktu weekend sebaik mungkin, karena pada saat itulah kita bisa berbelanja dan mempersiapkan bahan-bahan masakan dengan lebih leluasa tanpa harus terikat waktu.

2. Membuat stok bahan-bahan masakan di kulkas, jadi nanti kalo mau masak tinggal ngolah saja, nggak makan waktu lama untuk motong-motong atau ngulek-ngulek.

3. Pada saat memasak, usahakan menggunakan dua tungku kompor menyala, sehingga bisa memasak dua macam sekaligus dan tentunya menghemat waktu.

4. Terdapat jenis sayuran yang akan lebih cepat layu jika telah dipotong dan dimasukkan ke dalam kulkas. Seperti kangkung, akan lebih cepat layu jika disimpan dalam keadaan terpotong-potong. Karena itu jika ingin memasak sayuran segar untuk bekal pagi hari, usahakan meluangkan waktu pada malam sebelumnya untuk mempersiapkannya. Atau jika ingin memotong-motong sayuran di pagi hari, pilih menu lauk pendampingnya yang praktis, sehingga jika salah satu jenis masakan memakan waktu untuk membuatnya,yang lainnya bisa dimasak dengan cepat.

5. Sediakan selalu tepung bumbu dan tepung bakwan. Kedua tepung ini akan sangat bermanfaat sekali jika harus memasak dalam waktu singkat. Saya biasa memakai tepung bumbu pedas Sajiku (bukan promosi ya), karena suami saya senang masakan yang pedas dan spicy. Untuk tepung bakwan bisa merk apa saja.

6. Terkadang saya memasak untuk makan malam dalam porsi yang agak banyak, sehingga keesokan paginya bisa tinggal dipanaskan untuk bekal suami ke kantor. Jika sisa makanan semalam masih banyak dan masih baik, kenapa harus capek-capek memasak masakan baru. Selain bisa lebih berhemat, juga ingat ibu-ibu, sebagai ibu yang mengelola dapur, jangan biasakan membuang sisa makanan tanpa sebab yang jelas loh hehe..

7. Jika tidak punya banyak waktu, tidak perlu membawakan bekal dengan banyak lauk. Saya sendiri lebih sering membawakan bekal untuk suami cukup dengan dua macam lauk saja, yaitu sayur dan gorengan pendamping seperti bakwan, tahu atau tempe goreng. Namun isi sayur bervariasi, karena selain sayur, saya masukkan juga daging, ayam, udang atau bakso. Tapi yang jelas, sesuai selera suami saya, salah satu lauknya harus pedas. Jika keduanya tidak ada yang pedas, ya saya buatkan sambal (itu pun dibuat dari malam sebelumnya).

No comments:

Post a Comment

Anda pengunjung ke :